Wisata

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan, Obyek Wisata Yang Kaya Sejarah

117

Balikpapan memiliki banyak tempat wisata. Ketika berkunjung ke kota minyak tersebut, kita dapat menikmati pemandangan pantainya yang indah. Ada juga Taman Bakapai yang jadi tempat favorit untuk bersantai. Bagi yang menyukai wisata air, terdapat waterpark yang cukup mengasyikkan di sini. Dan bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, maka Monumen Perjuangan Rakyat atau Monpera menjadi obyek wisata yang harus dikunjungi. Monumen ini menyimpan kisah sejarah yang melatarbelakangi pembangunannya.

Latar Belakang Didirikannya Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan diresmikan pada 16 November tahun 1995. Faisal Tanjung yang menjadi Panglima TNI saat itu, meresmikan sendiri Monpera. Monumen ini didirikan untuk mengenang peristiwa peperangan antara masyarakat Balikpapan dengan tentara Belanda. Saat itu Belanda mencoba masuk ke daerah tersebut melalui pantai yang bernama Klandasan Ilir. Tetapi rakyat Balikpapan menghadangnya, hingga terjadi peperangan sengit. Korban-korban pun berjatuhan, baik dari pihak masyarakat Balikpapan ataupun tentara Belanda.

Peristiwa lain yang melatarbelakangi dibangunnya Monpera adalah perebutan kembali sumur minyak Mathilda oleh penduduk Balikpapan dari tentara Jepang. Sumur yang awalnya dikuasai oleh Belanda tersebut, direbut oleh serdadu Jepang dengan melakukan pembantaian terhadap tentara Belanda. Jepang pun berhasil menang dan menguasai sumur minyak tersebut. Tetapi tidak berapa lama, masyarakat Balikpapan kembali dapat merebut sumur Mathilda. Sumur ini merupakan sumur minyak bumi pertama yang digali di Balikpapan, dan mampu memberikan banyak kesejahteraan bagi masyarakat.

Obyek Wisata di Monumen Perjuangan Rakyat

Kedua peristiwa penting diatas, telah menjadi inspirasi dibangunnya Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan. Monpera terletak di Jl. Jend. Sudirman, tepatnya diseberang Markas Kodam VI TNI AD. Monumen yang menjadi aset kota Balikpapan ini memiliki tinggi sekitar 20 meter. Monumen tersebut dibangun dengan ukiran batu yang berbentuk tentara Indonesia sedang mendirikan bendera Sang merah putih, bersama-sama dengan masyarakat Balikpapan. Patung-patung pejuang yang menghadap ke laut tersebut, melambangkan perjuangan dari rakyat Balikpapan.

Selain ketiga patung yang berada di puncak Monpera, monumen ini juga memiliki ruangan yang berisi diorama. Terdapat juga panggung terbuka yang dapat digunakan untuk berbagai pertunjukan seni ataupun pentas-pentas kreativitas. Banyak remaja dari berbagai sekolah di Balikpapan pernah melakukan pentas di tempat ini. Sebagai tempat wisata sejarah dan pendidikan, disekitar monumen telah dibuat taman yang sangat indah. Taman yang ditata dengan apik tersebut membuat suasana sekitar menjadi lebih segar dan menyenangkan untuk dikunjungi anak-anak.

Obyek wisata lainnya yang ada di Monumen Perjuangan Rakyat kota Balikpapan adalah sebuah pantai yang terletak tepat di belakang Monpera. Pantai ini memiliki pasir yang putih, dengan garis pantai yang cukup panjang. Kita dapat bersantai di pantai ini, sambil duduk-duduk di bawah pohon yang rindang. Jika kita datang pada sore hari, maka pemandangan saat matahari terbenam bisa dinikmati. Sunset yang terlihat di pantai ini begitu indah dan dapat menjadi background foto selfie yang menarik.

Monumen, ruang diorama, taman dan pantai Monpera merupakan obyek wisata yang terbuka untuk umum. Tidak ada biaya yang dipungut untuk mengunjunginya. Kita hanya harus membayar jasa parkir bagi kendaraan roda dua maupun roda empat. Walaupun tempat ini berada di tengah kota, tetapi menggunakan mobil rental dapat membuat kunjungan wisata menjadi lebih menyenangkan. Wisatawan yang datang ke Balikpapan dapat memesan layanan sewa mobil melalui https://docar.co.id/sewa-mobil-balikpapan . Sewa mobil online ini memiliki sistem pemesanan yang mudah dan pelayanan yang sangat baik.

 

Monumen Perjuangan Rakyat kota Balikpapan dibangun berdasarkan peristiwa sejarah. Obyek wisata ini lebih menyenangkan jika dikunjungi menggunakan mobil sewaan dari docar.co.id.

 

Related Posts

Recent Post

  • Cara Pengukuran Geolistrik

    Share this:Sistem geolistrik berkembang pada awal th. 1900-an. Tetapi lalu mulai banyak digunakan untuk kebutuhan eksplorasi pada th. 1970-an, baca juga harga alat geolistrik air tanah. Sistem yang waktu pertama kalinya banyak digunakan di Indonesia yaitu sistem geolistrik ketentuan Schlumberger serta Wenner. Pada sistem ini pengambilan data V (lain mungkin) serta I (kuat arus) dikerjakan…

  • Review Spesifikasi dan Harga Lenovo K3 Terbaru

    Share this:Review Harga Lenovo K3 Note – Smartphone dari lenovo dengan tipe note ini dibanderol dan dipasarkan cukup terjangkau yakni masih dalam kisaran sejutaan, namun fitur Lenovo K3 Note sangat menarik. Lenovo K3 Note sudah mendukung jaringan 4G LTE dan sudah dibekali kamera utama dengan resolusi 13 MP. Jika anda tertarik untuk membeli, mari lihat…