Wisata

Mengenali Aneka Masalah pada Dinding Rumah Anda

34

Pernahkah anda menyadari ada aneka masalah pada dinding rumah yang dapat mengganggu penampilannya. Sebagai salah satu bagian utama dari griya, sudah barang tentu dinding rumah memiliki kontribusi yang besar dalam penampilan rumah anda secara keseluruhan. Tak heran bila banyak orang yang memutuskan melakukan renovasi dinding rumah saat mereka bosan dengan penampilan rumah yang lama.

Keputusan mengecat ulang perlu dipertimbangkan bila dinding rumah anda menunjukkan masalah yang merusak performanya. Dalam hal ini anda juga harus mengatasi sumber masalahnya dan mencegahnya kembali mengganggu penampilan dinding rumah anda. Berikut aneka masalah pada dinding rumah yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Masalah Dinding Lembab

Cermati hal-hal yang dapat menimbulkan kelembaban pada dinding dan upayakan mengatasi sumber masalahnya seperti kebocoran pipa air dalam dinding, rembesan air hujan, limpahan air dari talang, dan lain-lain. Dinding yang lembab akan membuat cat yang baru tak dapat menempel dengan baik akibatnya cat akan menggelembung, mengelupas, atau menimbulkan bercak-bercak yang tak sedap dipandang mata.

Cara mengatasinya, kelupas cat yang lama dengan amplas, lapisi dinding dengan waterproof sealer yang tahan air. Lapisan ini menahan air agar tak merembes ke dinding sehingga cat baru dapat menempel dengan baik. Pastikan lapisan sealer sudah kering sebelum anda mengaplikasikan cat dinding yang baru.

Masalah Jamur pada Dinding

Ini adalah masalah lanjutan dari kelembaban pada dinding. Jamur perlu dihilangkan terlebih dahulu sebelum anda mulai mengecat ulang dinding rumah. Basmi jamur dengan larutan fungisida yang dibiarkan sekitar 24 jam agar jamur benar-benar mati.

Bersihkan jamur sampai ke akarnya dengan cara menyikat dinding. Bilas dinding untuk membersihkan sisa jamur dan menetralkan efek zat kimia fungisida pada dinding. Setelah kering beri lapisan waterproof sealer dan anda dapat mulai mengecat dinding rumah anda lagi.

Chalking atau dinding yang mengapur terjadi akibat cat berkualitas rendah yang banyak mengandung zat pengisi (filler) berupa “tepung”. Anda dapat meminimalkan kapur yang ada dengan cara mengusap dinding dengan lap basah. Keringkan, beri lapisan waterproof sealer, dan anda siap mengecat ulang area tersebut.

Masalah Cat Dinding yang Mengelupas

Flaking atau cat yang mengelupas tentu sangat mengganggu performa dinding anda. Pengerjaan dinding yang kurang baik, kelembababan, atau pengapuran dapat mengakibatkan cat mengelupas. Kerok cat yang mengelupas dengan kape sampai bersih sebelum menambahkan sealer dan cat yang baru.

Larutan asam klorida (HCl) atau paint remover bisa digunakan untuk cat lama yang sulit lepas. Gunakan hanya dalam kondisi terpaksa karena zat ini mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Andapun harus mencuci dinding sampai benar-benar bersih dari paint remover untuk membersihkan sisa-sisa bahan kimia dan mencegah cat yang baru terkelupas akibat bereaksi dengan sisa-sisa paint remover.

Sekalipun anda memahami teknik pengecatan dinding rumah dengan baik, hasil yang dicapai tak akan optimal bila anda mengabaikan aneka masalah pada dinding rumah anda.

Related Posts

Recent Post

  • Langkah Menyembuhkan Asam Urat Dengan Daun Pandan

    Share this:Di bawah ini Langkah obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya minuman memiliki bahan pandan untuk pulihkan asam urat. Daun pandan memanglah dapat di nikmati dengan memasukkan bahan beda seperti kombinasi jahe jadi kuliner, satu diantaranya dengan menghidangkanya berbentuk minuman jahe pandan, di bawah ini tata langkah untuk membuan ramuan obat asam…

  • Cara merawat rambut rusak

    Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Sehat

    Share this:Cara melakukan perbaikan rambut kusam secara alami dengan melakukannya di rumah sendiri bisa saja Anda lakukan. Apakah rambutmu rusak dan terlihat kusam? Itu bisa disebabkan beberapa alasan. Bagi sebagian besar mereka masalah rambut rusak bisa di sebabkan oleh lingkungan sekitar kita. Hal ini bisa juga sebagai akibat pemakaian produk rambut tidak sama yang tidak…