Blog

Cara Pengukuran Geolistrik

6

Sistem geolistrik berkembang pada awal th. 1900-an. Tetapi lalu mulai banyak digunakan untuk kebutuhan eksplorasi pada th. 1970-an, baca juga harga alat geolistrik air tanah. Sistem yang waktu pertama kalinya banyak digunakan di Indonesia yaitu sistem geolistrik ketentuan Schlumberger serta Wenner. Pada sistem ini pengambilan data V (lain mungkin) serta I (kuat arus) dikerjakan ikuti konfigurasi elektroda yang di buat oleh Schlumberger (untuk ketentuan schlumberger) serta Wenner (untuk ketentuan Wenner) . Geolistrik yaitu diantara satu sistem dalam geofisika yang pelajari karakter aliran listrik didalam bumi. Pendeteksian diatas permukaan mencakup pengukuran medan mungkin, arus, serta elektromagnetik yang berlangsung baik dengan alamiah ataupun karena penginjeksian arus ke bumi. Pendugaan geolistrik ini ditujukan untuk meraih deskripsi tentang susunan tanah dibawah permukaan serta peluang terdapatnya air tanah serta mineral pada kedalaman spesifik. Pendugaan geolistrik ini didasarkan pada realita kalau material yang tidak serupa dapat memiliki tahanan model yang tidak serupa jikalau dialiri arus listrik. Air tanah memiliki tahanan model yang lebih rendah dari pada batuan mineral. Prinsip kerja pendugaan geolistrik yaitu mengukur tahanan model (resistivity) dengan mengalirkan arus listrik dalam batuan atau tanah lewat elektroda arus (current electrode) , lalu arus di terima oleh elektroda mungkin. Lain mungkin pada dua elektroda itu diukur dengan volt mtr. serta dari harga pengukuran itu bisa dihitung tahanan model semuanya batuan dengan memakai rumus.

Ketidaksamaan mungkin diukur lewat sepasang elektroda mungkin. Dalam sistem –metode geolistrik tahanan model bisa dibagi jadi dua group besar, yakni :

1. Sistem Resistivitas Mapping
Sistem ini adalah sistem resistivitas yang mempunyai tujuan untuk pelajari ragam tahanan model susunan bawah permukaan dengan horizontal, oleh karenanya pada sistem ini dipakai konfigurasi elektroda yang sama untuk semuanya titik penilaian bumi. Kemudian baru di buat kontur isoresistivitasnya.

2. Sistem Resistivitas Sounding (drilling)
Sistem ini umum di kenal jadi Resistivitas Drilling, Resistivitas Probingdan lain-lain. Hal semacam ini berlangsung dikarenakan pada sistem ini mempunyai tujuan untuk pelajari ragam resistivitas batuan di bawah permukaan bumi dengan vertical.

Pada sistem ini, pengukuran disuatu titik sounding dikerjakan dengan jalan mengganti-ubah jarak elektroda. Pergantian jarak elektroda ini tidak dikerjakan dengan asal-asalan, tapi dimulai dari jarak elektroda kecil lalu jadi membesar dengan grundal. Jarak elektroda ini sepadan dengan kedalamn susunan batuan yang bisa diselidiki. Pada pengukuran sesungguhnya, pembesaran jarak elektroda mungkin saja dikerjakan andaikan memiliki satu alat geolistrik yang ideal. Dalam soal ini alat geolistrik itu mesti bisa hasilkan arus listrik yang cukup besar atau alat itu mesti cukup peka dalam mendeteksi benda mungkin yang kecil sekali. Oleh karenanya, alat geolistrik yang baik yaitu alat yang bisa hasilkan arus listrik cukup besar serta memiliki sensitifitas yang cukup tinggi.

Pengukuran dengan memakai sistem resistivitas geolistrik mempunyai tujuan untuk meraih susunan resistivitas bumi. Susunan resistivitas bumi yaitu ragam harga resistivitas pada dari permukaan tanah (Awaluddin, 2004) .

Related Posts

Recent Post

  • Obat Tradisionil Sakit Gigi Berlubang

    Share this:Berikut obat sakit gigi dan gusi bengkak Obat ini berupa Tradisionil untuk mengatasi Sakit Gigi Berlubang serta Gusi Bengkak yang Super Manjur Cukup di Olesin Saja ke Giginya. Obat sakit gigi dan gusi bengkak harus dilakukan Perawatan gigi serta mulut yg tidak pas dapat menyebabkan problem kesehatan pada gigi serta mulut seperti gigi berlubang,…

  • Letak Sumur Air Zam Zam

    Share this: Air zam zam ditemukan oleh Siti Hajar ketika ia berlari-lari kecil dari Bukit Shafa dan Marwah, kemudian Allah SWT memerintahkan Malaikat Jibril menghentakkan kaki didekat Nabi Ismail yang sedang mengalami kelaparan dan kehausan, kemudian muncullah mata air yang suci itu. Kejadian itu terjadi sekitar 1910 SM dan sekarang sumur air zam zam tersebut…