Blog

Cara Membuat Slime Aman Tanpa Bahan Berbahaya

90

Slime sedang menjadi mainan populer di antara anak-anak jaman sekarang. Bentuknya yang beragam dan teskturnya yang kenyal menjadikan mainan ini unik dan populer. Tidak heran jika berbagai cara membuat slime yang mudah ramai dibagikan ke masyarakat luas.

Namun ternyata, di dalam mainan lucu bertekstur kenyal ini terdapat beberapa bahan yang mengkhawatirkan dalam proses pembuatannya. Salah satunya adalah boraks yang terkenal akan kandungannya yang beracun namun justru dibutuhkan sebagai bahan pengenyal slime.

Padahal sebenarnya, meski tidak sebagus jika menggunakan boraks, ada bahan-bahan yang mudah didapat, tidak berbahaya, dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Bahan ini tidak akan menjadi masalah jika tertelan sehingga anak bisa dengan bebas membuat slime tanpa Anda merasa khawatir.

Bagi Anda yang ingin anak berkreasi dengan slime tanpa boraks, berikut adalah salah satu cara yang menarik untuk diikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • 2 gelas tepung tapioka atau tepung kanji
  • Minyak goreng setengah hingga satu gelas
  • Air bersih sebanyak 400 ml
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Slime Tanpa Bahan Berbahaya:

duniaq.com

duniaq.com

  1. Siapkan wadah bersih yang tidak terlalu besar dan mudah untuk dibersihkan.
  2. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah.
  3. Aduk tepung perlahan sebelum akhirnya dituangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak menggumpal.
  4. Ketika air sudah dimasukkan semuanya dan sudah tercampur semua, selanjutnya masukkan minyak goreng setengah gelas. Aduk hingga rata dan sampai adonan tidak terlalu lengket di wadah.
  5. Masukan pewarna makanan secukupnya. Boleh warna apa saja. lalu aduk hingga warnanya merata.
  6. Siapkan plastik atau cetakan, kemudian tuangkan ke dalamnya. jika menggunakan plastik, pastikan plastik terikat dengan kuat,

Cara membuat slime di atas selain mudah juga sangat aman, hasilnya pun tidak kalah dengan cara lain yang bahannya berbeda. Untuk mendapatkan tepung kanji pun sangat gampang, cukup membelinya di toko bahan roti atau supermarket terdekat.

Jika ternyata larutan tepung kanji terlalu encer, maka panaskan saja di atas kompor, atau memakai wadah berisi air panas. Panas akan membuat tepung kanji mengeras perlahan-lahan sekaligus mengurangi kandungan air yang digunakan. Namun, jika adonan dirasa kurang, bisa ditambahkan minyak dan air lagi hingga kekentalannya sesuai dengan keinginan.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan bahan berbahaya dalam slime. Jika ada bahan yang lebih aman dengan hasil yang aman, mengapa tidak menggunakannya? Dengan cara membuat slime yang aman ini, Anda bisa membiarkan anak Anda berkreasi dengan slime warna-warni yang aman dan tanpa bahan berbahaya ini. Selain melatih kreativitas, anak juga bisa bermain dengan seru tanpa adanya bahaya.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat slime. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih:)

Related Posts

Recent Post

  • Obat Tradisionil Sakit Gigi Berlubang

    Share this:Berikut obat sakit gigi dan gusi bengkak Obat ini berupa Tradisionil untuk mengatasi Sakit Gigi Berlubang serta Gusi Bengkak yang Super Manjur Cukup di Olesin Saja ke Giginya. Obat sakit gigi dan gusi bengkak harus dilakukan Perawatan gigi serta mulut yg tidak pas dapat menyebabkan problem kesehatan pada gigi serta mulut seperti gigi berlubang,…

  • Letak Sumur Air Zam Zam

    Share this: Air zam zam ditemukan oleh Siti Hajar ketika ia berlari-lari kecil dari Bukit Shafa dan Marwah, kemudian Allah SWT memerintahkan Malaikat Jibril menghentakkan kaki didekat Nabi Ismail yang sedang mengalami kelaparan dan kehausan, kemudian muncullah mata air yang suci itu. Kejadian itu terjadi sekitar 1910 SM dan sekarang sumur air zam zam tersebut…