kesehatan

Alat Kesehatan Yang Harus Dikalibrasi

194

Sebagian dari jenis alat kesehatan tidak lain adalah alat ukur. Keakuratan alat ukur bisa dipengaruhi dari beberapa factor diantaranya adalah kalibrasi. Aalat kesehatan yang harus dikalibrasi diantaranya adalah timbangan badan, alat ukur tekanan darah dan sejenisnya. Artikel ini akan membahas seputar macam – macam alat kesehatan yang harus dikalibrasi.

Alat Kesehatan dan Jenisnya

Dimanakah banyak anda temukan alat – alat kesehatan ? Tentu di Rumah Sakit. Alat kesehatan berfungsi untuk mendiagnosa, mencegah, mengobati dan memulihkan kesehatan serta berfungsi juga untuk memperbaiki fungsi jaringan tubuh.

Terdapat banyak sekali macam dan jenis alat – alat kesehatan baik di Rumah Sakit ataupun Klinik. Biasanya ada beberapa jenis alat kesehatan. Salah satu diantara jenis alat kesehatan tersebut adalah alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur contohnya tensimeter, thermometer dan sejenisnya.

Alat Kesehatan Yang Harus Dikalibrasi

Telah dijelaskan diatas bahwa ada satu jenis alat kesehatan yang harus dikalibrasi. Alat ini biasanya dari jenis alat – alat ukur. Mengapa demikian ? Karena alat – alat ukur pada dasarnya adalah membandingkan sesuatu yang diukur dengan standarnya. Nah untuk itulah ada alat – alat yang apabila digunakan dalam waktu lama, atau juga pada saat penggunaan pertama kali perlu dilakukan kalibrasi atau penyetandaran. Lalu apa saja alat kesehatan yang perlu dikalibrasi ? Berikut beberapa contohnya

Timbangan Badan

Saya yakin anda tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Timbangan badan digunakan untuk mengukur berat badan seseorang baik itu dewasa, anak – anak ataupun balita. Timabngan badan merupakan alat ukur, sehingga alat ini harus dikalibrasi. Kalibrasi timbangan sangatlah mudah.Alat Kesehatan Yang Harus Dikalibrasi

Pada timbangan jenis analog atau jarum, kalibrasi dilakukan cara memposisikan jarum pada angka 0 pada saat tidak digunakan untuk menimbang. Cara yang sama juga dilakukan pada timbangan digital. Intinya bahwa pada saat tidak ada benda yang ditimbang, posisi jarum atau angka harus menunjukan angka 0.

Tensimeter

Tidak jauh berbeda dengan alat tensimeter. Tahukah anda fungsi alat tensimeter ? Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan darah manusia. Kembali pada pembahasan yang telah saya kemukakan di depan, alat yang biasanya perlu dikalibrasi adalah alat ukur. Tensimeter merupakan alat ukur dengan demikian alat ini perlu dikalibrasi.

 

Kalibrasi pada alat tensimeter tidak jauh berbeda dengan timbangan yang telah kita bahas diatas. Kalibrasi dilakukan dengan cara menseting posisi air raksa atau jarum pada posisi atau angka 0 pada saat kondisi cuff atau manset kosong dari udara yang dipompakan.

Syringe Pump

Sedikit berbeda dengan dua alat kesehatan diatas. Syringe pump ini merupakan alat pengatur masuknya cairan melalui alat cuntik dalam jumlah dan waktu yang terkontrol secara mikrokomputer. Syringe pump bukanlah alat ukur, namun mengapa alat ini masuk ke dalam alat kesehatan yang harus dikalibrasi.

Alat ini berhubungan dengan alat lainya yaitu alat suntik. Sehingga ukuran alat suntik perlu disamakan dengan system yang ada pada alat syringe pump tersebut. Bagaimana kalibrasi dilakukan ? Anda bisa membaca dan mengikuti seting kalibrasi yang biasanya tercantum di dalam manual book pada saat pembelian alat , atau anda dapat meminta teknisi distributor alat kesehatan yang jual syiringe pump dan memiliki teknisi untuk melakukan service kalibrasi.

Masih banyak lagi alat – alat kesehatan lain yang memerlukan kalibrasi dalam penggunaanya. Kalibrasi ini sangat penting, salah satu fungsi kalibrasi ini adalah untuk membuat pengukuran menjadi benar dan akurat.

Demikian saja yang saya sampaikan. Artikel singkat ini mudah – mudahan dapat menambah wawasan anda semua. Jangan lupa, ikuti terus artikel – artikel bermanfaat di website ini. Informasi untuk anda yang membutuhkan alat kesehatan, anda bisa kunjungi website resmi Distributor Alat Kesehatan terlengkap di www.gloryamedica.com.

 

 

 

Related Posts

Recent Post

  • Cara Pengukuran Geolistrik

    Share this:Sistem geolistrik berkembang pada awal th. 1900-an. Tetapi lalu mulai banyak digunakan untuk kebutuhan eksplorasi pada th. 1970-an, baca juga harga alat geolistrik air tanah. Sistem yang waktu pertama kalinya banyak digunakan di Indonesia yaitu sistem geolistrik ketentuan Schlumberger serta Wenner. Pada sistem ini pengambilan data V (lain mungkin) serta I (kuat arus) dikerjakan…

  • Review Spesifikasi dan Harga Lenovo K3 Terbaru

    Share this:Review Harga Lenovo K3 Note – Smartphone dari lenovo dengan tipe note ini dibanderol dan dipasarkan cukup terjangkau yakni masih dalam kisaran sejutaan, namun fitur Lenovo K3 Note sangat menarik. Lenovo K3 Note sudah mendukung jaringan 4G LTE dan sudah dibekali kamera utama dengan resolusi 13 MP. Jika anda tertarik untuk membeli, mari lihat…